-->
banner

3.24.2016

author photo

Pengertian E-Business

Bagi yang belum mengenal tentang Apa sih E-Business itu? Pasti dari kalian sudah ada yang tau, dan jika kita mendengar kata e-business pasti kita akan seketika mengartikan bahwa itu adalah bisnis dibidang internet yang biasa disebut dengan bisnis online. Memang tidak salah jika kita berfikir seperti itu.

pengertian_e-business

Definisi dari e-business sendiri adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan atau usaha yang kita jalankan untuk berhubungan dengan para calon pembeli atau konsumen secara lebih efisien dan fleksibel. Slide 4 

E-business atau elektronik binis merupakan interaksi eksternal antara organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya. Secara garis besar kita dapat melihat bebrapa aspek yang ada dalam e-business.


E-Business Application

Dalam mengembangkan e-business kita harus tahu dan memahami beberapa macam aplication dalam e-business, seperti ERP, CRM, SCM.
ERP (Enterprise Resource Planning)
Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis dalam suatu kesatuan yang terintegrasi seperti marketting, produksi, pembelian dan accounting dan menyimpan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan serta menyediakan manajemen reporting tools.

CRM (Customer Relationship management)
CRM adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis kostumer, seperti strategi bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis terhadap kostumer, vendor, partner, dan proses informasi internal.

aplikasi_e-business

SCM (Supply Chain Management)
Manajemen Rantai Suplai atau Supply chain management adalah sebuah proses dimana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen dari sudut struktural. Sebuah supply chain merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen. (Kalakota, 2000, h197) Tujuannya adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan. Wikipedia Slide 10


Dampak E-business

Bisnis melalui media elektronik pasti menimbulkan banyak dampak bagi pemilik bisnis maupun bagi penikmat bisnis tersebut. Dampak yang timbul dapat berupa dampak positive dan negatif.
Dampak positif e-business:
  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  4. Melebarkan jangkauan (global reach).
  5. Meningkatkan customer loyality.
  6. Meningkatkan supplier management.
  7. Memperpendek waktu produksi.
  8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
transaksi_online

Dampak negatif e-business:
  1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
  2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
  4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik. Slide 7
Keamanan_Bisnis

your advertise here

This post have 3 komentar

avatar
Unknown delete 26 March 2016 at 07:59

Postingannya keren dan menarik tapi iklannya kok banyak ya hehe

Reply
avatar
hdk delete 27 March 2016 at 18:33

iya yaa bang rohmad ... iklan.a banyak ,,, adamin dan plus.a ... klo ada iklannya hhe :D ,,,mkin agak di kurangi iklannya... biar tmn2 bloger nda merasa terganggu hhe :D

Reply
avatar
Unknown delete 3 August 2016 at 17:15

Sekarang sudah berkurang.

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com