-->
banner

5.15.2017

author photo
SSD, sejak awal kemunculannya ternyata SSD ini sangat menarik para pengguna computer maupun laptop. Meskipun rata-rata SSD dibandrol dengan harga yang mahal, SSD tetap banyak peminatnya. Bahkan sampai sekarang banyak produsen-produsen pembuat cipset NAND kualahan untuk memenuhi permintaan tersebut. Tidak heran karena SSD memiliki kecepatan yang lumayan lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan Harddisk yang sehari-hari biasa kita pakai. Maka sudah semestinya kita harus upgrade storage yang kita pakai menggunakan SSD. Terutama untuk kebutuhan system yang akan kita pakai, menggunakan SSD sebagai tempat system dan SSD akan meningkatkan performa yang signifikan.

Langsung saja, disini saya akan mereview salah satu SSD yang kemarin sempat saya beli untuk menggantikan storage system yang saya gunakan. Disini saya memiliki SSD Adata SU800 dengan kapasitas 128 Gb. Mengapa saya memilih Adata ini? Karena menurut dompet yang saya miliki hanya Adata SU800 128 Gb inilah yang pas dan cocok dengan harga dan performa yang diberikan. Tidak memungkiri Adata SU800 128Gb ini memiliki speed Read up to 560 MB/s dan Write up to 520 MB/s.

SSD adata su800 128gb


Kelengkapan SSD Adata SU800 128 Gb


Langsung saja kita buka isi dari kemasan Adata SU800 128 Gb ini.
1. Pertama kita akan mendapatkan sebuah kertas yang berisi garansi dan pedomannya. 
2. Adata SU800 ini memberikan kita spacer 2.5 mm untuk menambah ketebalan SSD pada saat dipasang di laptop kita. 
3. Yang ketiga SSD Adata SU800 128 Gb itu sendiri.

SSD adata su800 128


Pengujian SSD Adata SU800 128Gb


Langsung saja tidak lama-lama kita coba kecepatan adata SU800 128G b ini. Kali ini saya menggunakan spesifikasi sistem sebagai berikut:
  • CPU = Amd Athlon II X2 270
  • PSU = Arjuna 380 Watt
  • Mobo = Asrock n68-vs3 fx
  • RAM = 2Gb Kingstone DDR 3
  • OS = Windows 7 Ultimate 32 Bit
  • HDD = Hitachi 320 Gb & 1 Tb
  • SSD = Adata SU800 128 Gb
Dengan sistem yang saya sebutkan di atas memang tampaknya memaksakan sebuah PSU yang hanya memiliki daya 320 Watt tapi harus menampung tiga harddrive sekaligus. Alhasil berdasarkan sistem tersebut saya memperoleh hasil yang masih cukup baik dari SSD Adata SU800 128 Gb ini. Berikut ini adalah hasil dari Benchmark dari beberapa aplikasi yang sudah saya lakukan:

Hasil benchmark adata su800 128
Hasil benchmark aplikasi CrystalDiskMark 5.2.1 dengan file 1Gb 

Hasil benchmark adata su800 128
Hasil benchmark aplikasi HD Tune dengan file 2Gb 
Catatan:

  • Berdasarkan hasil benchmark di atas mungkin masih jauh dari harapan kecepatan asli dari SSD Adata SU800 128 Gb ini.
  • Hasil benchmark di atas bisa saja berbeda pada sistem yang lain. Mungkin saja akan memiliki hasil yang baik jika didukung dengan menggunakan sistem yang baik pula.
  • Selain sistem yang digunakan, versi dan aplikasi benchmark yang digunakan juga menentukan hasi benchmark yang berbeda pula.

your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com