-->
banner

2.21.2017

author photo
Setelah di artikel saya yang kemarin membahas mengenai logika dari SPK metode SAW. kali ini saya akan mencoba menjelaskannya, agar tampak lebih mudah untuk dipahami. Dari query yang ada di artikel sebelumnya saya sudah menyampaikan rumus-rumusnya dan lengkap dengan Query SAW nya.


Query Metode SAW

Berikut ini adalah Query saw yang saya gunakan untuk membuat sistem pendukung keputusan metode SAW menggunakan Delphi.


Dari Query yang sudah ada di atas dapat kita pecah menjadi beberapa bagian-bagian yang bisa kita pahami. Agar lebih jelas maksud dari kumpulan query tersebut.



Fungsi Masing-masing Query


1. Query select nilai maksimum dan minimun dari kriteria yang sudah kita masukkan pada tabel. Hal yang pertama dalam perhitungan menggunakan metode SAW adalah menentukan nilai max dan min dari kriteria, tergantung dengan kriteria yang kita gunakan, apakah itu keuntungan (benefit) atau biaya (cost). Query untuk select nilai maksimum dan minimun adalah seperti berikut:


2. Setelah memanggil nilai maksimum dan minimun, kita tambahkan query untuk membagi nilai dari data kriteria yang sebelumnya dengan data yang sudah kita panggil nilai maksimum dan minimum. Untuk keuntungan (benefit) nilai kriteria dibagi dengan nilai maksimal dari data tersebut. Sedangkan untuk biaya (cost) nilai minimal, dibagi dengan nilai kriteria tersebut. Seperti pada query berikut:


3. Dengan kedua query di atas kita sudah mendapatkan data yang sudah ternormalisasi. Langkah selanjutnya adalah mengalikan data-data tersebut dengan nilai bobot yang sudah kita tetapkan dan tentunya dengan bobot yang sudah ternormalisasi juga. Seperti pada query berikut:


4. Setelah mendapatkan hasil dari perkalian antara bobot dengan kriteria. kita akan menjumlahkan hasilnya, seperti yang sudah ada pada query di atas. Nah dari hasil penjumlahan inilah yang nantinya akan kita dapatkan nilai akhir dari beberapa alternatif yang kita inputkan. Untuk dipilih menjadi alternatif terbaik dan memiliki nilai yang tertinggi.


Cukup sekian dari saya semoga membantu dan mudah dipahami hehe, bagi kalian yang kurang paham dengan query tersebut dapat segera ditanyakan.

Semoga bermanfaat :D

your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com