-->
banner

8.20.2016

author photo
Selain dikenal sebagai kota budaya, solo juga memiliki sebutan sebagai kota kerajinan dan banyak pengrajin seni ukir. Seni ukir di kota solo dibuktikan dengan banyaknya pengrajin kerajinan di kota solo. Seperti kerajinan batik, kerajinan kain tenun, kerajinan seni ukir, dan masih banyak kerajinan-kerajinan yang lain. Selain kota Jepara yang disebut dengan kota kerajinan seni ukir, seni ukir di Kota Solo juga memiliki para pengrajin ukir yang tidak kalah bagusnya dengan kota-kota pengrajin seni ukir yang lain.


Seni ukir di kota solo


Seni ukir di kota solo seolah olah menjadi sebuah ciri khas dari bangunan-bangunan yang ada di solo. Semua itu dapat dilihat dan kita jumpai pada struktur-struktur bangunan rumah jawa maupun bangunan kraton solo. Semua ini dibuktikan dengan adanya ukiran pada tiang pendopo kraton solo seperti pada gambar di bawah ini.

pengrajin seni ukir di kota solo
Ukiran pada tiang kraton

Selain di tiang-tiang pendopo kraton solo, seni ukir di kota solo juga banyak terdapat di beberapa rumah warga yang masih bermdoel rumah joglo. Seni ukir tersebut biasanya terdapat di pintu-pintu rumah dan di dalam rumah yang sering disebut dengan gebyok.

pengrajin seni ukir di kota solo
Ukiran pada gebyok


Pengrajin seni ukir di kota solo


Kota Sragen


Di bumi sukowati Sragen yang terkenal dengan musium manusia purbanya (Sangiran), ternyata memiliki banyak para pengrajin seni ukir. Sebagai tempat wisata peninggalan purbakala seni ukir yang dihasilkan pun tidak jauh dari cirikhas kota Sragen. Ukiran yang dihasilkan di kota sragen kebanyakan menggunakan bahan baku berupa batu, dan ukiran yang biasa dibuat yaitu ukiran-ukiran yang bertema manusia purba. Hasil dari ukiran tersebut biasa dipasarkan sebagai souvenir bagi para wisatawan yang kebetulan sedang berkenjung di musium sangiran.

pengrajin seni ukir di kota solo
Seni ukir batu sangiran

Kota Wonogiri


Tidak kalah dengan kota-kota se solo raya, kota Wonogiri juga mrupakan salah satu kota pengrajin seni ukir di kota solo. Beberapa hasil karyanya juga sudah terkenal dan banyak yang meminatinya dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu hasil karyanya adalah bentuk ukiran yang terdapat pada alat-alat musik tradisional, dan hiasan-hiasan pada dekorasi pernikahan.

pengrajin seni ukir di kota solo
Ukiran pada gamelan (Gong)
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com